7 Tips Sukses Ramadhan dari Formasi Tarbawi

01.13
Oleh     : Arif Wibowo (HUDA Formasi Tarbawi 1438H)
Editor   : AF 


Tak terasa kita sudah menyentuh bulan yang suci yaitu bulan Ramadhan di tahun 2017 ini, atau 1438 Hijriyah. Ramadhan selalu identik dengan bulan penuh kebaikan, penuh keberkahan, dimana pahala-pahala kita saat beribadah dilipat gandakan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Layaknya cita-cita duniawi, Ramadhan pun menyuguhkan banyak cita-cita akhirat, dimana kita semua ingin sukses meraihnya. Nah, seiring dengan semakin dekatnya bulan Ramadhan, sudah sejauh apa kita menyiapkannya? Kali ini Formasi Tarbawi ingin memberikan beberapa #TipsSukses Menuju Ramadhan, yuk disimak!

1.      Tumbuhkan azzam (keinginan, motivasi tinggi) yang kuat

Tips yang pertama ini adalah hal yang pertama dan utama, dengan menumbuhkan keinginan dan motivasi yang kuat untuk menjadi “kamu terbaik” di Ramadhan tahun ini, maka segala sesuatunya nantinya akan terasa mudah untuk dilakukan.

2.      Plan your Ramadhan programs!

Merencanakan program selama Ramadhan, berarti kita membuat target-target pencapaian selama Ramadhan agar bisa terpacu untuk memaksimalkan bulan penuh pahala ini. Seperti : Mengkhatamkan Al-Qur’an, memperbanyak sedekah dan ibadah sunnah, dll.

3.      Memperbanyak puasa sunnah di bulan sebelum Ramadhan

Selain dapat menyucikan jiwa, puasa sunnah juga bisa menjadi sarana latihan kita sebelum menempuh puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

4.      Memperbanyak tilawah dan tunaikan zakat

Mari kita latih diri kita untuk memperbanyak tilawah setiap harinya, agar pada saat bulan Ramadhan nanti kita bisa lebih memperbanyak tilawah setiap harinya, dengan begitu pahala-pahala dari Allah akan semakin banyak. Dan jangan lupa tunaikanlah zakat.

5.      Mari kita kenali keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan

Dengan begitu dimaksudkan agar Ramadhanmu lebih bermakna dan dapat menambah semangat diri dalam beribadah.  Beberapa keutamaan bulan Ramadhan, diantaranya : 1. Bulan penuh keberkahan, 2. Bulan diturunkannya Al-qur’an, 3. Bulan dilipatgandakannya pahala kebaikan, 4. Bulan dimana pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. 5. Bulan dimana kesempatan bagi insan untuk mendapat ampunan Allah sebanyak-banyaknya.

6.      Mari memperbanyak ilmu tentang Puasa Ramadhan

Agar ramadhanmu lebih bermakna, maka perbanyaklah ilmu tentang puasa Ramadhan. Kamu bisa banyak-banyak baca buku dan menghadiri majelis ilmu (kajian) untuk menambah pemahamanmu seputar Ramadhan.

7.      Terakhir, sebagai tanda rasa syukur kita karena sudah disampaikan di bulan Ramadhan, yuk kita membaca do’a ketika melihat hilal Ramadhan.

Dari Thalhah RA berkata, bahwa Rasulullah SAW apabila melihat hilal (Ramadhan) beliau berdoa, “Ya Allah jadikanlah bulan ini kepada kamu dengan keamanan dan keimanan, dengan keselamatan dan keislaman, Rabbku dan Rabbmu Allah Subhanahu wa ta’ala…” (HR. Ahmad & Imam Addalaimi)


Itulah beberapa tips dari Formasi Tarbawi menuju bulan Ramadhan. Semoga kita semua diberi keistiqomahan dalam beribadah. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Jazakumullah khairan, atas komentarnya ikhwah!