THOHARAH

01.22

FORMASI TARBAWI - Senin (9/3) kembali hadir Diskusi Sahabat Muslim atau yang sering disingkat D'SALIM. Pada D'SALIM kali ini membahas tentang Thoharah, yang menghadirkan Ust. Iskandar Ahza, M.A sebagai narasumber. Beliau menerangkan hal-hal yang berkaitan dengan fiqh thoharah.

Thoharah menurut bahasa adalah bersih atau suci, terbebas dari kotoran. secara fiqh, thoharah berarti menghilangkan suatu hadast yang menjadi hambatan tidak sahnya ibadah.

Terdapat disurat Al-Baqorah ayat 222 :

 "Allah menyukai orang - orang yang taubat dan orang - orang yang membersihkan diri"

Dalam uraiannya, Ustadz yang berasal dari Belitung ini menerangkan bahwa Islam itu bersih  

Apa maksudnya ?

Seorang muslim yang memiliki keimanan adalah orang yang menjaga kebersihan bukan hanya kebersihan fiqhnya tetapi juga sosialnya atau yang nampak di luar (dzohir). Dikatakan seorang itu beriman jika ia mampu menjaga kebersihan dirinya baik secara bathin maupun lahir.

Mantan Dekan Fakultas Dakwah di salah satu Unversitas Islam di jakarta ini memberikan contoh betapa Islam itu bersih. Seperti dalam berwudhu itu memiliki 2 hikmah yang pertama untuk rohani dan kedua menyehatkan diri kita dari berbagai penyakit. Karena itulah Islam dikatakan bersih.

Pada pemaparan di atas pertanyaan beberapa mahasiswa, Ustadz Iskandar juga mengajak berdiskusi dan mempersilahkan mahasiswa membarikan pendapat yang berbeda. Beliau menerangkan mangenai dianjurkannya untuk tidak berwudhu di kamar mandi yang terdapat tempat pembuangan kotoran berwudhu dan menutup aurat sebelum dan saat bertilawah, dan banyak lagi

Terkahir beliau menutup dengan do'a. Semoga pertemuan hari ini berbuah pahala dan menjadi pemulus jalan ke surga. 

Pesan Beliau
" Jadikan ngaji dan kajian sebagai kebiasaan...Buat diri kita kecaduan ngaji..."
*Ust. Iskandar Ahzar, M.A
***

Press Release dibuat Oleh
Esmo Nugroho
BK 2014

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Jazakumullah khairan, atas komentarnya ikhwah!