Keutamaan I'tikaf di Bulan Ramadhan

09.07
Oleh : Yulan Mardiati (Huda 1438H)
Editor : AF (Huda 1438H)

Sudah masuk akhir Ramadhan nih kawan-kawan, semoga masih semangat ya! Hmmm bicara soal akhir Ramadhan ada salah satu ibadah sunah yang punya banyak keutamaan dan sayang kalau ditinggalin, apa ya?  Yap! Tepat sekali, I’tikaf !~

Tahukah kalian? 
I’tikaf itu salah satu ibadah sunnah yang yang senantiasa dilakukan oleh Rasulullah di akhir Ramadhan dan pastinya pahalanya besar banget tuhh …. Jadi sayang dong kalau kalian melewatkannya sia-sia.

“Dari Aisyah Radhiyallahu’anha ia berkata bahswannya Nabi Muhammad Sallallahu’ alaihi wa salam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beri’tikaf setelah beliau wafat. Muttafaqun ‘alaih.”  (HR Bukhari No.2026 dan Muslim No.1172 ). 

Sebenarnya apa sih itu i’tikaf?  Nah buat kalian yang belum paham banget apa itu i’tikaf, jadi i’tikaf berasal dari kata ,‘akafa-ya’kifu-waya’kufu-‘ukuufan. Menurut bahasa, makna i’tikaf adalah menetapi dan menahan diri padanya, baik sesuatu berupa kebaikan atau kejahatan. Sedangkan arti i’tikaf menurut istilah syara’ ialah menetapkan seorang muslim di dalam masjid. Mungkin lebih mudahnya, i’tikaf itu kita berdiam untuk beribadah di dalam masjid, sekaligus berupaya mendapatkan malam laylatul qadr, malam yang lebih baik daripada seribu bulan. 

Lalu apa sih hikmah dan keutmaan i’tikaf? Ini dia nih… I’tikaf memiliki hikmah yang begitu besar yakni menghidupkan sunah Rasul dan menghidupkan hati dengan selalu melaksanakan ketaatan dan ibadah kepada Allah. 

Sedangkan keutamaan I’tikaf diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Untuk merenungi masa lalu dan memikirkan hal-hal yang akan dilakukan dihari esok.
2. Medatangkan ketenangan, ketentraman dan cahaya yang menerangi hati yang penuh dosa.
3. Mendatangkan berbagai macam kebaikan dari Allah. Amalan-amalan kita akan diangkat dengan rahmat dan kasih sayang –Nya.
4. Orang yang beri’tikaf pada sepuluh akhir bulan Ramadhan akan terbebas dari dosa-dosa kerena pada hari itu salah satunya bertepatan dengan lailatul qadr.

Masya Allah banget kan keutamaan i’tikaf? Apalagi sewaktu akhir Ramadhan, nahhh yukk mulai dari sekarang kita persiapkan i’tikaf kita, semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung bisa mendapatkan malam laylatul qadr. Aamiin.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Jazakumullah khairan, atas komentarnya ikhwah!