7 Makanan Khas Lebaran yang Melegenda

08.18
Oleh : Rizka Hanima H (Huda 1438H)
Editor : AF (Huda 1438H)

Sebentar lagi lebaran, kira-kira ingin masak hidangan apa ya untuk lebaran nanti? Hidangan lebaran pasti harus spesial dari biasanya, karena pada momen tersebut umumnya akan menjadi ajang silaturrahim antar tetangga, teman dan keluarga besar.

Selain ketupat ada banyak pilihan masakan yang bisa dihidangkan saat lebaran. Masakan atau lauk itu biasanya jadi teman sejatinya si ketupat. Ada yang berkuah santan, kuah bening, lauk kering, bakaran, hingga yang kaya bumbu. Sebenarnya hampir setiap daerah memiliki ciri khas sendiri dalam pemilihan hidangan lebaran. Meskipun begitu, secara umum masyarakat Indonesia pasti kenal sama makanan-makanan berikut ini. Apa saja sih makanan khas lebaran yang pas dan banyak disukai?

1. Opor Ayam

Olahan ayam termasuk hidangan yang banyak difavoritkan oleh semua kalangan. Opor ayam bisa dibuat dari ayam kampung maupun  ayam boiler. Hidangan berkuah santan ini memiliki sensasi rasa yang gurih dan nikmat sehingga cocok dihidangkan bareng ketupat ataupun nasi.

2. Rendang Daging (Sapi maupun Ayam)

Rendang juga merupakan hidangan khas lebaran yang cukup populer sepanjang masa. Bisa pilih daging sapi atau ayam untuk bahan rendang, karena keduanya memiliki rasa yang sama nikmatnya. Rendang tidak hanya cocok dimakan bareng ketupat, tapi juga nasi putih.

3. Sambal Goreng Udang atau Hati

Ketupat juga enak dihidangkan bersama hidangan pelengkap, seperti :sambal goreng . Untuk sambal goreng, bahannya bisa udang maupun hati. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan bahan lain, seperti kentang, telur puyuh, kikil dan lainnya. 

4. Sate Daging (Sapi, Ayam, & Kambing)

Sate juga termasuk hidangan khas lebaran yang popular sepanjang masa. Sate paling nikmat disajikan bersama ketupat. Kamu bisa memilih mau sate apa, ayam, kambing atau sapi. Bumbu kacang yang nikmat dan daging yang gurih akan membuat hidangan ini laris manis saat lebaran.

5. Soto

Soto juga termasuk satu hidnagan khas lebaran yang cukup popular sepanjang masa. Hampir setiap wilayah memiliki resep soto khas yang menggugah selera. Kamu bsia memilih mau buat soto apa untuk lebaran, karena baik ayam maupun daging sama-sama spesial dan memiliki daya tarik tersendiri.

6. Gulai 

Menu gulai juga termasuk hidangan khas lebaran yang cukup popular  dan melegenda. Gulai bisa dibuat dari bahan apa saja sesuai selera, baik daging kambing, ayam maupun sayuran. Gulai sangat cocok dihidangkan bareng ketupat, lebih lagi jika dilengkapi sate. Hem… djamin bakal nikmat banget.

7. Lodeh

Meski sederhana, namun lodeh juga termasuk hidangan khas lebaran yang popular looh… Lodeh nikmat disandingkan bareng ketupat dan tentunya bersama lauk favorit lainnya, misalnya : ayam goring, ikan goreng atau yang lainnya.

Nah, itu dia rekomendasi 7 makanan khas lebaran yang biasa disajikan bersama ketupat ataupun nasi. Tahun ini keluarga kalian bikin menu apa nih? Atau ada rekomendasi menu khas derah lainnya untuk hidangan lebaran? Yuk share hidangan lebaran favorit kalian!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Jazakumullah khairan, atas komentarnya ikhwah!