Rebut Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan, Kita I’tikaf di Masjid Yuk!

08.15
Oleh : Yulan Mardiati (Huda 1438H)
Editor : AF (Huda 1438H)


" Duhhh kapan dong waktu kita pedekate sama Allah. Astagfirullah, yakin tuhh Allah gak cemburu sama kita? Bukber sana sini dibela-belain, tapi Qiyamul Lail aja masih alasan capek banget " 

Bulan Ramadhan sebentar lagi akan segera meninggalkan kita, namun rasanya kita masih belum punya banyak waktu untuk beribadah dan mendekatkan diri padaNya. Sadar atau gak sadar kita justru lebih banyak membuang-buang waktu untuk hal yang sekiranya percuma. Nunggu waktu maghrib, kita malah main handphone buka instagram ngeliat yang sia-sia, padahal AL-Quran sampe berdebu diatas meja.

Waktu solat Isya dan teraweh kita malah ketiduran karena kekenyangan. Belum lagi orang-orang sibuk yang punya banyak jadwal bukber alias buka bersama sana sini, semoga bukan buka berdua aja ya he he he. Hari ini bukber SMA, besok bukber SMP, lusanya bukber organisasi di sana sini, besok-besoknya lagi bukber sama temen-temen kampus, seminggu lagi bukber sama temen-temen ngegosip pas SMA. Duhhh kapan dong waktu kita pedekate sama Allah. Astagfirullah, yakin tuhh Allah gak cemburu sama kita? Bukber sana sini dibela-belain, tapi Qiyamul Lail aja masih alasan capek banget.

Hmmm mungkin karena memang hakikatnya, apa-apa yang dilarang atau menuju jalan setan itu dibuat indah dan menyenangkan oleh setan agar anak cucu Adam terpedaya dan lupa kepada Rabb mereka. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang selalu mengingat Allah dan gak terpedaya bujuk rayu setan ya…  Aamiin 


Nah! Berbicara tentang mempersiapkan akhir Ramadhan yang sebentar lagi. Ada salah satu cara yang bisa kita upayakan untuk menambah pahala, apalagi di 10 hari terakhir Ramadhan ,hari- hari yang penuh dengan rahmat, berkah, pahala, dan tentunya ampunan dari Allah.


Salah satu amalan yang bisa dilakukan umat muslim di 10 hari terakhir adalah melakukan i’tikaf di dalam masjid. Tak hanya sekedar berdiam diri, namun memaksimalkan diri mendekat kepada Allah.


Lalu apa saja sih kenikmatan yang bisa kita dapat dari melakukan I’tikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini?


1. Khatam Al-Qur'an Lebih Cepat
Tanpa sadar, untuk menyibukkan diri dengan kebermanfaatan di dalam masjid selama i’tikaf, kita telah menghabiskan berlembar-lembar halaman di Al Qur’an, dan bahkan ada yang mampu khatam dalam waktu semalam! Bagaimana rasanya membaca Al Qur’an di tempat yang tenang dan senyaman masjid? Rasanya sungguh luar biasa nikmat! Apalagi jika kita bisa mengkhatamkan atau tilawah Qur’an lebih lama dan banyak daripada biasanya.

2. Sholat Lebih Kusyu'
Jika di rumah sholat tahajud atau qiyaumul lail biasa dilakukan sendiri, dan mungkin kurang kusyu’ karena masih ada beberapa pikiran atau dan sebagainya. Maka di saat i’tikaf kita bisa melakukan sholat tahajud berjamaah, dan biasanya bacaan surat pendek imam dibuat panjang agar kita bisa lebih lama berdiri dan merasakan kusyu’ dalam sholat. Rasakan lah, kenikmatan kusyu’ yang tiada duanya di rumah Allah, masjid!

3. Bertemu Dengan Saudara Seiman
Saat i’tikaf di masjid kita tak hanya sendirian, jadi tak usah takut. Biasanya banyak masjid yang membuka profram i’tikaf, sehingga banyak jamaah yanga kan datang di masjid-masjid tersebut berburu keberkahan di akhir Ramadhan. Di sana kamu bisa menjalin silaturahim dengan sudara seiman baru yang kamu kenal. Namun jangan sampai perkenalan itu berlanjut gosip atau ketidakbermanfaatan, karena niatmu kan ke masjid untuk beribadah. Hehehe...

4. Banyak Program Menarik di Masjid-masjid
Yang terakhir, kenikmatan saat di bulan Ramadhan adalah berlomba-lombanya para dermawan untuk mendapatkan pahala Allah dengan memberi makan orang lain yang sedang berpuasa. Maka pada saat 10 hari terakhir di bulan Ramadhan kamu tak usah kaget jika di masjid-masjid yang membuka program i’tikaf akan menyediakan makan sahur gratis bagi semua jama’ahnya. Nah, nikmat sekali bukan? Semoga dengan semua kenikmatan yang Allah beri itu akan membuat umat Muslim semakin semangat juga dalam menyambut Ramadhan dengan penuh ketakwaan dan ketaatan. 

Yuk mulai rajin I'tikaf ~

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Jazakumullah khairan, atas komentarnya ikhwah!